<![CDATA[komara - Tips]]>Sun, 03 Jan 2016 09:37:40 -0800Weebly<![CDATA[Kartu Nama]]>Thu, 26 Jul 2012 04:47:05 GMThttp://komara.weebly.com/tips/kartu-namaPicture
Perkenankan saya berbagi pengalaman dalam tata-krama pergaulan dalam bertukar Kartu Nama. Kartu Nama merupakan selembar kertas yang tampak sederhana, namun mempunyai nilai besar yang akan menentukan kualitas relationship kita.Ada contoh nyata tentang betapa sensitifnya memperlakukan Kartu Nama saat perkenalan.

Costumer saya bercerita, 10 thn lalu pada saat ia memulai karier sebagai pengusaha yang mendistribusikan alat listrik di Indonesia. Suatu ketika ia diundang makan siang oleh beberapa Importir. Mereka saling bertukar kartu nama dengan para Manager dari Perusahaan Importir. Namun ada seorang Manager yang bersikap kurang pada tempatnya (yang mungkin tanpa ia sadari) dan sangat menusuk perasaannya. Manager itu setelah menerima kartu-namanya, memainkannya sebagai kipas di wajah dan lehernya selama pertemuan itu. Peristiwa itu sangat menusuk hatinya dan sampai sekarang ia resisten/menolak memasarkan produk dari perusahaan itu.

Sering juga kita temui dilapangan, banyak Sales saat pertemuan pertama dengan kolega baru, melakukan tindakan yang kurang tepat, yaitu :
  • Tidak persiapan membawa kartu nama perusahaan.
  • Bersikap cuek, acuh dan tidak meminta kartu nama kepada kolega/prospek baru sebagai bentuk penghormatan.
  • Bersikap asal-asalan dalam bertukar kartu-nama. Maksud dengan asal-asalan adalah cara menyajikan dan menerima kartu-nama dengan satu tangan, serta merta memasukkan dalam saku.

Apa sih arti Kartu Nama itu ?
Kartu Nama merupakan Identitas dan Citra Diri yang ingin ditonjolkan pada sebuah perusahaan. (Maka sudah selayak dan sepantasnya jika perlu bersikap ekstra perhatian dalam bertukar kartu nama).

Benefit dari Kartu Nama :
  • Sarana Catch Attention dalam memperkenalkan diri
  • Sarana menggali informasi.
  • Sarana untuk mendekatkan diri.

Kenapa kita harus selalu membawa kartu nama dalam jumlah cukup banyak ?
Karena :
  • Belum pernah ada kejadian, orang jatuh miskin karena mencetak kartu nama.
  • Terbukti banyak ditemukan, orang menjadi sukses dan kaya karena membagikan kartu nama.

Lalu bagaimana cara baik dalam berukar kartu nama ? Berikut sebagai referensi:
  • Saat memberi dan menerima kartu nama, kita lakukan dengan dua tangan. Kartu Nama dijepit dua jempol dengan posisi nama kearah penerima/customer, sehingga nama kita mudah dibaca.
  • Badan agak condong kedepan.
  • Setelah kita menerima Kartu Namanya, baca dan simak baik-baik semua kontennya.
  • Sebutkan Namanya dengan jelas
  • Berikan pujian tulus dan murni dari kontent yang menonjol dari kartu nama tersebut (baik itu nama perusahaannya, gelar/jabatannya, produknya atau disain kartu namanya)
  • Meminta ijin untuk add PIN Blackberry jika diperlukan dan atau melakukan mis call HPnya. Hal ini penting untuk membantu customer/kolega baru mengingat kita 
  • Masukkan Kartu Nama itu pada Name Card Holder atau pada dompet kita (karena ada beberapa orang amat sangat tersanjung jika ia tahu kita menyimpan Kartu Namanya di dompet kita)
  • Saat kita berpisah, lakukan sms atau BBM untuk mengucapkan Terima Kasih atas perkenalan ini, disertai nama kita.

Jadi Inti sari menjadi Sales yang Profesional :
  • Selalu membawa kartu nama dalam setiap situasi untuk menjalin networking
  • Bersikap santun dalam memberi dan menerima kartu nama dari customer.
  • Perlakukan dengan cermat kartu nama custumer

"Orang bukan menaruh perhatian pada seberapa banyak anda tahu, tapi seberapa besar perhatian anda"


oleh GM. Agung Nugroho
]]>
<![CDATA[Komunikasi Efektif]]>Sat, 13 Aug 2011 22:35:21 GMThttp://komara.weebly.com/tips/komunikasi-efektifPicture
Komunikasi efektif sangat layak anda perhitungkan dalam membangun karir anda. Dengan komunikasi yang baik tentunya akan mendukung segala aktifitas kerja yang kita lakukan. Apalagi bila pekerjaan kita melibatkan berbagai bentuk presentasi, rapat-rapat, lobi-lobi, penyuluhan dan lain-lainya. Bidang pekerjaan komunikasi seperti presenter dan sejenisnya sangat ditentukan oleh bagaimana cara kita berkomunikasi dalam menyampaikan sesuatu.

Banyak faktor yang dapat membuat apa yang akan kita sampaikan menjadi lebih berkualitas. Seperti kesiapan mental,penguasaan bahan, kelengkapan sarana pendukungserta hal-hal lainnya. Adakalanya anda merasa ‘nervous’ hingga untuk mengungkapkan sesuatu anda malah kehilangan percaya diri bahkan pembicaraan jadi berputar-putar

Nah guna mempersiapkan diri lebih baik, tidak ada salahnya kita mempelajari tips-tips dasar dibawah ini :

1. Gunakan kalimat seefektif mungkin

Uraikan isi pembicaraan dengan
kalimatefektif dan langsung mengena pada sasaran. Hindari mengungkapkan informasi detail yang kurang relevan, seperti, “Tadi sebelum menuju tempat ini saya bertemu family saya di suatu tempat….”. Biasanya lawan bicara anda tidak akan peduli dengan informasi yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. Hindari penggunaan idiom bahasa yang kurang/tidak dimengerti calon pendengar anda. Dengan kata lain, kenali latar belakang calon pendengar anda.

2. Jangan mengungkapkan pengulangan ide/pokok bahasan

Jika anda ingin mengungkapkan ide, entah pada bos atau dalam suatu rapat, ketahui lebih dulu apakah ide tersebut sudah pernah diungkapkan oleh yang lain. Jika sudah, lebih baik anda tidak usah mengungkapkannya. Karena umumnya orang tidak akan tertarik mendengarkan pengulangan sebuah ide. Dalam presentasi suatu analisa, usahakan tidak terjadi pengulangan kalimat-kalimat yang merupakan teori ataupun kesimpulan. Aturlah
urutan penyampaianagar lebih fokus saat menyampaikannya.

3. Jangan berbicara terlalu lambat

Tutur kata yang terlalu pelan dan lamban hanya akan membuat lawan bicara anda bosan dan tidak sabar. Lagipula gaya bicara anda yang terlalu pelan akan mengesankan anda ragu-ragu dan tidak percaya diri. Karena itu bicaralah dengan nada yang optimis dan penuh percaya diri.


Namun yang patut kita ingat, bukan berarti anda harus berbicara secara cepat tanpa ritme. Anda harus pandai menentukan
ritme bicara, dimana harus berbicara dan dimana harus berhenti. Ritme yang tepat dalam berkomunikasi tentunya didapat setelah anda sering melakukan latihan/pengalaman orasi yang cukup.

4. Hindari gumaman yang terlalu sering


Gumaman yang terlalu sering hanya akan mengganggu pembicaraan anda. Lagipula lawan bicara anda akan merasa lelah menunggu kapan pembicaraan anda selesai. Sebisa mungkin minimalkan atau hilangkan gumaman seperti
“ ehmmm…., eeee…., oooo…..”, dsb. Hal ini juga akan mengurangi respek calon pendengar anda, karena anda dinilai tidak menguasai materi pembicaraan.

5. Hindari humor yang tidak perlu


Melontarkan humor memang sah-sah saja untuk menyegarkan suasana. Namun, anda harus tanggap membaca suasana setelah anda mengungkapkan humor. Apakah lawan bicara anda benar-benar terpancing tertawa atau tertawa dengan terpaksa. Atau bahkan menunjukkan wajah yang terganggu dengan humor anda. Jika lawan bicara anda tidak tertarik dengan humor anda, teruskan pembiraan kembali. Jangan memaksa lawan bicara untuk mentertawakan humor anda yang telah gagal.


Dengan mempelajari dan melakukan tips diatas, anda dapat berkomunikasi secara lebih efektif sekaligus melatih diri anda menjadi pribadi yang efektif. Ingat keefektifan diperlukan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan


by
Hendry Risjawan

]]>
<![CDATA[Cara Mengecek Tagihan Listrik Secara Online]]>Tue, 05 Apr 2011 01:48:06 GMThttp://komara.weebly.com/tips/cara-mengecek-tagihan-listrik-secara-onlinePicture
Pembayaran tagihan listrik dimulai dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 20 setiap bulannya. Ini merupakan kewajiban dari setiap pelanggan atau pengguna listrik PLN yang harus di penuhi kalau tidak ingin sambungan listriknya di putus sementara sampai pada pemutusan permanen.
Kebanyakan orang sebelum membayar tagihan listrik, mereka terlebih dahulu mengecek berapa jumlah tagihan listrik yang akan mereka bayar. Ini dilakukan karena seringnya terjadi kasus lonjakan tagihan listrik secara drastis, padahal pelanggan hanya melakukan pemakaian listrik biasa saja. Ada juga yang untuk mengantisipasi kurangnya uang yang dibawa saat membayar tagihan listrik.

Dahulu, untuk mengecek tagihan listrik harus datang langsung ke loket pembayaran listrik, namun sekarang sekarang kita bisa mengecek tagihan listrik secara online (melalui internet). Bahkan tidak hanya mengecek, tapi juga langsung membayar tagihan listrik Anda tersebut secara online melalui internet banking.
Oke, untuk mengetahui/mengecek berapa tagihan listrik yang harus Anda bayar silahkan klik di sini, atau buka halaman web ini http://202.162.217.251/info_billing/index.php maka akan muncul tampilan halaman web tersebut seperti di bawah ini.
Picture
Masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumah Anda yang terdiri dari 12 angka. Lalu masukkan juga sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. kalau berhasil, maka akan muncul halaman web seperti di bawah ini, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus anda bayar.
Picture
Anda juga bisa melihat atau mengecek jumlah tagihan listrik rumah Anda pada bulan2 sebelumnya, dengan memilih bulan yang Anda kehendaki. Jika sudah, silahkan klik logout pada pojok atas untuk keluar.
Biasanya PLN disetiap daerah memiliki website lokal sendiri2 yang juga menyediakan form atau halaman khusus untuk informasi rekening dan pengecekan tagihan listrik. Seperti http://www.plnjateng.co.id/ untuk wilayah jawa tengah dan http://www.plnjaya.co.id untuk wilayah jakarta. Untuk alamat website PLN wilayah lainnya bisa Anda cari sendiri di mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dan dll. Tapi jika tidak ingin repot2 mencari, gunakan saja alamat web yang pertama di atas, karena itu berlaku secara nasional.
Hemat listrik hemat energi = hemat duit

[tongkongan]
]]>